Google: Tingkatkan CTR Discover dengan Meta Tag ‘Max Image Preview’

Google baru-baru ini merilis sebuah studi kasus terkait Google Discover. Melalui studi kasus tersebut, Google menyebutkan bahwa penggunaan tag Max Image Preview dapat meningkatkan klik mencapai 333% dari Google Discover.

Apa itu Meta Tag Max Image Preview?

Meta tag max image preview merupakan salah satu meta tag untuk ‘memodifikasi’ tampilan di hasil pencarian. Tujuan utama dari penggunaan meta tag ini adalah untuk mengatur tampilan gambar di hasil pencarian (dan Google Discover).

<meta name="robots" content="max-image-preview:large">

Meta tag ini sendiri menawarkan 3 pilihan opsi, yakni:

  • none: Tidak menampilkan gambar.
  • standard: Menggunakan gambar berukuran standard.
  • large: Menggunakan gambar berukuran besar.

Dengan mengatur meta tag ini menjadi large, maka google akan menampilkan gambar berukuran besar di hasil pencarian dan Google Discover.

Tentunya, dengan tampilan gambar yang lebih besar ini akan membuat calon pengunjung lebih tertarik untuk membaca konten yang kita terbitkan sesuai dengan studi kasus yang diterbitkan Google.

Fungsi Lain dari Meta Tag Max Image Preview

Tak hanya sebatas Google Discover, penggunaan meta tag ini juga berlaku untuk semua bentuk hasil penelusuran (seperti Google Penelusuran Web, Google Gambar, Discover, Asisten). Jadi kita juga dapat memanfaatkan meta tag ini untuk menampilkan ‘preview’ gambar yang lebih menarik di hasil pencarian.

Bagaimana Cara Mengatur Meta Tag Max Image Preview?

Bagi para pengguna WordPress, rasa-rasanya bukanlah perkara sulit mengingat rata-rata plugin SEO sudah menawarkan pengaturan ini secara default. Kita hanya perlu memastikan pengaturan yang tepat di plugin SEO yang kita gunakan.

Sebagain contoh, mastahseo.com menggunakan plugin All in One SEO.

Kita hanya perlu mengatur ‘Pratinjau Gambar Maksimum’ menjadi ‘Besar’ pada bagian ‘Pengaturan Lanjutan’.

Dapatkan berita dan artikel terbaru terkait SEO dan Digital Marketing dengan cara mengikuti mastahseo.com di Facebook, Twitter, dan Telegram.

Tinggalkan komentar