Google: Update Algoritma Link Spam Selesai Dirilis

Google melalui akun Twitter mengumumkan bahwa proses rolling out update algoritma terkait link spam telah selesai.

“Update link spam telah selesai”, Ujar Danny Sullivan lewat akun Twitter Google Search Liaison.

Update ini sendiri sudah mulai berlangsung sejak 26 Juli 2021. Google pada awalnya menyebutkan update ini akan “diluncurkan dalam dua minggu ke depan.” Namun seperti yang kita lihat bersama, butuh hampir satu bulan untuk merilis algoritma ini secara menyeluruh.

Tentang Update Link Spam

Para pemilik web saat ini memiliki banyak cara untuk me-monetisasi situs dan blog. Misalnya saja affiliate, link placement, dan sebagainya. Link keluar yang tidak dikelola dengan baik dapat melanggar pedoman kualitas Google. Oleh sebab itu, Google merilis algoritma ini untuk memerangi link yang melanggar pedoman.

Tips Menghadapi Update Link Spam

Seperti kita ketahui bersama bahwa backlink merupakan salah satu faktor yang dapat membantu menaikkan ranking di Google. Namun di lain sisi, backlink juga dapat menjadi boomerang yang dapat membuat ranking di Google terjun bebas.

Google menyarankankan untuk menghindari metode mendapatkan backlink yang melanggar pedoman terkait skema link.

Tak hanya untuk situs atau blog yang mendapatkan link spam, algoritma link spam ini juga dapat berimbas ke situs atau blog yang memberikan link. Oleh karenanya, Google juga menyarankan kepada para pemilik web dan blog untuk menggunakan nilai rel yang sesuai pada setiap link keluar.

Untuk website atau blog yang melakukan monetisasi affiliate, Google menyarankan untuk menggunakan rel=”sponsored” untuk link keluar menuju situs afiliasi. Google juga menyarankan untuk menggunakan rel=”sponsored” untuk link placement (berbayar) dan guest post.

Dapatkan berita dan artikel terbaru terkait SEO dan Digital Marketing dengan cara mengikuti mastahseo.com di Facebook, Twitter, dan Telegram.

Tinggalkan komentar