Belajar SEO

Mas, kalau belajar SEO, awalnya harus dari mana?

Pertanyaan diatas adalah pertanyaan sakti yang kadang membuat saya bingung memberi jawaban yang tepat. Jika saya tarik ke belakang, saya mengenal namanya dunia HTML, CSS dan Javascript ketika SMP, kemudian berlanjut ke PHP dan MySQL ketika menginjak bangku SMA, barulah ketika lulus SMA pada tahun 2012, saya mulai belajar SEO. Itu juga karena nggak ada niatan buat main AdSense atau apa-apa, pokoknya semua mengalir karena rasa ingin tahu saya saja.

Satu tahun setelahnya, yakni tahun 2013 saya baru pertama kali mendapatkan duit dari AdSense, kalau nggak salah sekitar $300, kemudian sebulan setelahnya saya menjual blog saya ke bule seharga $1000, itu adalah uang terbesar pertama saya hasil SEO. Saya dapat semua itu setelah satu tahun nggak jelas, nggak dapet apa-apa, makanya saya cukup heran dengan pemula-pemula yang merasa SEO itu bisa bikin cepet kaya. Eh bisa aja sih kalau kita orang kaya, tinggal bayar orang yang ngerti SEO aja, beres.

Jika semua diurutkan, saya mulai merangkai karir saya di dunia SEO sejak tahun 2008, artinya ketika saya masih belajar HTML dan CSS. Kenapa demikian? karena memang urutan belajar SEO adalah step-by-step, nggak bisa melompat sana, melompat sini. Kurang lebih stepnya sebagai berikut:

1. Belajar Bahasa Pemrograman

Saya berbincang dengan mas Udhi Sapto beberapa hari yang lalu. Mengenai siapa dia rasanya tak perlu saya sebut, intinya dia adalah salah satu orang hebat di dunia SEO. Mas Udhi ini adalah salah satu sahabat saya di Jakarta, kita sering melakukan diskusi-diskusi seputar teknik “nyleneh” dan nggak kepikiran sama orang lain. Hingga pada akhirnya tanpa disengaja bahasan topik kami mengarah pada ngrasani orang, “Si Anu itu keren mas, setipe sama kita. Orang SEO yang ngerti programing. Jadi lebih gampang melakukan eksperimen”, ujarnya lewat chat Whatsapp.

Dari percakapan itu saya mikir, wah ternyata emang seorang pemain SEO itu penting banget tau mengenai dunia programing. Saya coba gali lebih dalam lagi, dan saya akhirnya menemukan tetangga saya, sang inspirator pendiri Pesantren Sintesa, Ibrahim Vatih. Mas Vatih ini juga orang yang sama, orang SEO yang jago juga programingnya. Dan masih banyak contoh mastah lainnya (kalau saya sebut semua, ini artikel kebanyakan outbond link yang ada).

Kenapa penting untuk belajar programing terlebih dahulu? 

Pertama, sebagai seorang pemain SEO, penting untuk kita bisa membuat sebuah web yang SEO friendly. Seminim-minimnya, kita ini tahu dasarnya seperti apa, sehingga kita tahu harus menggunakan theme seperti apa atau bisa nyuruh programer kita untuk membuat modul apa. Coba bayangin kita punya problem dengan load speed web, misalnya problemnya musti edit file .htaccess, tapi kita nggak tau caranya gimana. Ini hanya segelintir contoh saja.

2. Belajar On-page

Pahamilah anatomi on-page SEO yang baik, salah satu referensi terbaik menurut saya adalah backlinko.com. Onpage ini tentunya erat kaitannya sama programing, itu kenapa seorang pemain SEO musti belajar programing, setidaknya ilmu dasarnya aja.

Kan onpage bisa pakai plugin mas?

Itu kalau cuma onpage SEO kelas teri, coba kalian suka bereksperimen, suka analisis web orang yang teknik onpagenya kok radak aneh. Atau misalnya yang baru-baru ini hit, Google AMP, emang pluginnya ada, tapi plugin standard yang kita musti oprek sana-sini kalau mau bereksprimen.

3. Belajar Menulis (copywriting)

Hampir semua pemain SEO Expert, tau apa itu copywriting. Misalnya Brian Dean (backlinko.com), betapa enaknya tulisan dia untuk dibaca, ada juga Neil Patel, dan masih banyak lagi.

Artikel itu modal awal, SEO yang natural di awali dengan tulisan yang baik dan menarik, kemudian karena tulisan tersebut baik, banyak orang yang memberi backlink (contohnya kaya saya ngasih backlink-backlink diatas). Dan seperti itulah SEO (yang benar-benar white) seharusnya.

4. Belajar Offpage / Link Building

Kenali istilah-istilah di dunia link building. Mulai dari backlink, dofollow, nofollow, outbond link, PBN, expired domain dan masih banyak lagi istilah yang bisa bikin kepala puyeng.

So, bagi yang pemula-pemula, masih nekat mau belajar SEO? benerin mindsetnya dulu, benerin tekadnya dulu. Belajar teknis itu soal gampang, belajar cara berfikir biar nggak gampang putus asa yang susah.

18 Comments

  1. iya memang harus bisa sedikitnya bahasa pemrograman biar paham minimal.ngoprek theme,sama gimana pasang backlink dan laen2.nice article mas.😊

  2. Kayaknya memang harus mulai belajar programing dan copywriting … ada rekomendasi tempat belajar ga yah?

    • saya rekomendasi gak ada, belajar dari temen2 sekitar yg jago aja kalau saya.

  3. Aminullah Siregar Reply

    Kalau menurut saya sih mas, bahasa pemrograman itu lebih ke Web Developer.

    Web Developer memang harus paham dengan Html, Css, Java Script dll.

    Sedangkan untuk menjadi Praktisi SEO tidak mutlak harus mengusai, tp harus tahu dasar coding.

    Saya lihat kata kunci “Jasa Seo”

    Banyak yg hanya pas-pasan dalam ilmu pemrograman. Dalam hal ini Onpage nya.

    Tp menguasai betul teknik Seo offpage.

    Sehingga nekat membuka jasa Seo.

    • Yes, true. Saya sepakat, dan saya juga tidak mengatakan bahwa itu mutlak, tidak ada pernyataan saya yang demikian.

      Untuk itu, saya menyebutkan “Seminim-minimnya, kita ini tahu dasarnya seperti apa” pada artikel diatas.

  4. mas airul saya masih menunggu artikel lainnya dari sampean. meski saya berkali-kali baca artikel sampean, ga ada bosennya wkkwkw malah yang ada saya makin semangat untuk terus belajar hehe.

Leave A Reply

Navigate