SEO dan Shopee Affiliate

Sekitar kurang lebih 2 minggu yang lalu, Charis main ke rumah saya. Dia cerita kalau sekarang lagi nyobain Shopee Affiliate. Dia sendiri lebih fokus ke FB Ads ketimbang SEO.

Tapi dari situ, sebagai mantan affiliator di Amazon bertahun-tahun yang lalu, saya yang udah lama nggak nyemplung langsung sama urusan teknis SEO jadi tertarik buat ngulik. Dan melalui artikel ini, saya mau coba share tipis-tipis gimana cara main affiliate shopee menggunakan SEO.

BTW, yang mau join shopee affiliate boleh lah daftar via link referensi saya, bisa langsung klik di sini 🙂

1. Riset Produk

Sebenernya agar ribet sih soal riset produk ini, karena banyak aspek yang harus diperhatikan.

Pertama: Komisi maksimal Shopee Affiliate.

Komisi maksimal ini umumnya mentok di Rp 10.000. Terkecuali ada komisi ekstra, atau kalau pembeli datang dari pengguna baru. Tapi hari gini siapa yang nggak ada akun Shopee sih?

Nah karena batas maksimal ini, saya jadi punya teori sederhana.

Mending nyari produk murah tapi mudah laku, daripada barang mahal tapi susah laku. Karena udah susah laku, dapet maksimal cuma 10rb doang. Ngenes amat.

Jadi kuantitas menurut pengalaman saya lebih penting.

Kedua: Cari produk yang mudah laku

Pengalaman saya, cewek-cewek lebih seneng belanja. Isi produk yang laku umumnya kalau nggak soal fashion, ya make up. Paling rame ya dua ini.

Nah, selanjutnya untuk mencari ide produk, saya memanfaatkan Google Trends, sebagai contoh :

Di atas, saya menggunakan query “harga lipstik”, dengan setting 7 hari terakhir. Soal rentang waktu sebenernya bebas, mau sehari terakhir ya monggo.

2. Bikin Konten

Ddari query “harga lipstik” yang kita masukkan ke Google Trends, kita bisa dapatkan beberapa ide keyword yang lagi ramai, misalnya sebagai berikut:

Saya ambil contoh keyword no. 2 dan no. 3.

Kita tinggal bikin konten soal “daftar harga lipstik lumecolors”, dan “merk lipstik yang tahan lama dan tidak luntur saat makan”.

Selanjutnya tinggal bikin aja tombol beli di arahin ke Shopee.

3. Tips SEO

Kalau soal backlink, soal onpage saya nggak mau bahas lah. Bisa dicari-cari materi lain di blog ini soal tersebut.

Hal terpenting dari proses SEO untuk affiliate adalah penggunaan rel=”sponsored” di tombol beli yang kalian pasang di artikel. Jadi ini hal yang perlu diperhatikan agar kualitas SEO konten yang berisi link affiliate kita tetep terjaga dengan baik.

Jadi begitu kira-kira konsep dasar yang saya lakukan, tentu masih sangat bisa dikembangkan lagi dan diulik lagi. Kalau mau diskusi soal ini, bisa langsung join aja Telegram Grup https://t.me/seo_id.

Dapatkan berita dan artikel terbaru terkait SEO dan Digital Marketing dengan cara mengikuti mastahseo.com di Facebook, Twitter, dan Telegram.

2 pemikiran pada “SEO dan Shopee Affiliate”

Tinggalkan komentar