Airul Khoirul Anwar atau lebih dikenal sebagai Airul adalah seorang pemasar digital yang memiliki minat utama pada Search Engine Optimization (SEO). Keperluan bisnis? bisa hubungi airul@mastahseo.com.

Ikuti saya di:        

Cara Membuat Blog

cara membuat blog

Di era yang serba digital seperti saat ini,ย siapa sih yang tidak mengenal internet?ย Menurut lembaga riset pasar e-Marketer, pengguna Internet di Indonesia mencapai 83,7 juta orang pada 2014 dan terus bertambah setiap tahunnya. Dari sekian banyak pengguna internet tersebut, mayoritas menggunakan Google untuk mencari Informasi. Dan itulah kenapa SEO sangat penting bagi pemiliki blog yang ingin memiliki banyak pengunjung.

Pertanyaannya? apakah membuat blog yang SEOย friendly itu mudah? Jawabannya, tentu tidak. Ada teknis rumit yang mungkin akan membuat para pemula dibuat pusing tujuh keliling. Nah sebagai seseorang yang mungkin bisa disebut blogger, saya ingin membagikan sedikit pengetahuan saya soal dunia blogging. Tulisan ini akan berisi hal-hal seputar teknis dan non-teknis, mulai dari penciptaan ide hingga tahap pembangunan.

Bagi blogger sekaligus publisher, ada banyak jalan membangun blog, ada yang suka ternak blog, ada yang suka membangun blog authority. Saya pribadi lebih cenderung ke pilihan kedua, yakni membuat blog authority. Contohnya kaya yang dibawah ini.

jasa penulis artikel

Untuk membuat blog dengan visitor seperti diatas, perlu ketekukan, keuletan, dan disiplin tinggi. Selengkapnya akan saya buat per-sub dibawah ini, silahkan baca berurutan biar enak tidak lompat-lompat.


34 komentar untuk Cara Membuat Blog

  1. Ngeblog memang perlu energi dan komitmen ekstra. Seperti yang sedang saya praktekkan di blog.

    Menunggu lanjutan tulisannya ya mas. Makasi banyak ulasannya

  2. Itโ€™s not only about money, itโ€™s about soul.
    setuju dengan kalimat itu.
    pengalaman pribadi buat blog yang ga srek sama hati ujung2nya malah terbengkalai. ga jelas mau dibawa kemana cpc turun males nulis, traffic turun males nulis pada akhirnya malah jadi beban.

    sekarang fokus sama satu blog. aku tulis apa yang aku tahu dan apa yang aku mau.

  3. Itu yang No. 5 yang paling sering ane alamin. Yaitu artikel udah page one bahkan posisi 1, namun tiba-tiba anjlok bahkan ada yang ilang. Siapa tahu mas airul punya tips dan trik untuk bertahan di page one.

    1. Dalam SEO, harus ada analisis yg mendalam sebelum kita bisa menemukan masalah yg ada, jadi saya gak bisa ngasih saran apapun, krn penyebab turunnya saya tidak tahu.

    1. Tulisan ini dibuat secara langsung, tanpa sebelumnya ada draft tulisan, sehingga tentu saya butuh waktu dan menyesuaikan kesibukan saya untuk melanjutkan tulisan ini. Silahkan bookmark halaman ini dan cek secara berkala.

  4. Kalo bangun web / blog baru biasanya yang menyita waktu salah satunya di pemilihan themes,kebetulan pakenya WordPress,kadang gak sreg,ganti lagi sampai beberapa kali……,saya harap artikel ini ada lanjutannya di kupas sampai tuntas,beberapa tulisan mewakili yg saya rasakan,jujur saya menemukan pencerahan via blog ini ,thanks a lot ๐Ÿ˜

  5. Mas klw saya orangnya bosenan, hobinya bisa berubah ubah. Contoh: Bulan Kemaren suka mancing, bulan ini suka pelihara ikan.
    Bisa dikatakan saya itu “lapar mata” melihat yang unik, seru/aneh pasti saya pengen coba. Dan sekarang ini saya mencoba buat blog, tapi saya bingung saya mau buat blog apa…

    Mohon solusinya mas…
    Thanks

    1. Tergantung sudut pandang solusinya mau seperti apa dulu. Laper mata belum tentu salah, tapi juga belum tentu bener, kuncinya kenali diri sendiri dengan baik dulu. Tapi saya gak mau bahas itu, karena gak ada hubungannya sama topik.

      Solusi saya saya sederhana -> Buat blog general, bikin banyak kategori. Pas pingin bahas mancing tinggal masukkin kategori mancing, pas lg seneng melihara ikan bahas soal melihara ikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Jasa Backlink PBN Berkualitas? Klik Disini!