kelas seo

Kalau sering ngikutin mastahseo, pasti paham bahwa join mastahseo classroom itu prosesudurnya panjang. Musti kenal orang dalem lah, inilah itulah.

Banyaknya request akhirnya membuat saya mutar otak, gimana caranya bikin kelas untuk skala yang lebih besar. Dan tentunya kalau bisa GRATIS!

Well, akhirnya saya nggak nemu pola yang bener-bener pas, tapi setidaknya lebih bisa menampung banyak orang.

Jadi secara konsep, saya akan buatkan grup di Telegram dengan modul yang bisa diunduh secara gratis tentunya (tapi jujur aja nih, modulnya belum saya bikin sekarang, saya udah sebulan ini lagi di tempat mertua soalnya, hehehe).

Intinya, akan ada syarat dan ketentuan yang berlaku untuk bisa mengikuti kelas ini.

1. Punya Pemahaman SEO Basic

Ya, dari dulu saya gak pernah bisa ngajarin orang yang sifatnya basic, saya gak telaten. Jadi seminimal mungkin kamu udah paham SEO itu apa, di mastahseo classroom nanti yang diajarkan cuma hal-hal yang sifatnya fundamental dan insight.

Jadi contoh misalnya, bukan ngajarin setting plugin SEO tertentu tapi lebih ngajarin “polanya” bagaimana. Output-nya, kamu mau pakai plugin apa ya terserah, kan polanya udah ada.

2. Kenal mastahseo

Ini poin penting sih menurut saya. Kenal dalam artian kamu sering baca-baca disini dan merasa bahwa bacaan disini tuh cocok buat kamu. Karena jatuhnya, materi yang ada nanti juga akan seperti itu.

Jadi, kalau kamu mengharapkan sebuah kelas yang menjamin auto page one, maka ini bukan tempat yang tepat buat kamu.

Fokus mastahseo dari dulu adalah menjelaskan dari sisi fundamental, SEO itu sebaiknya dilakukan dengan cara yang bagaimana. “Logika dasarnya gimana?”, “reason why-nya apa?”.

Sehingga setiap orang mampu membuat keputusan, ini sebaiknya “ditabrak” atau “ngerem”. Kalau “ditabrak”, ada risikonya gak?

Jadi bukan ngajarin posting -> backlink -> auto page one. Tapi ngajarin membuat strategi yang tepat, serta mempertimbangkan segala sesuatu dengan sebaik mungkin sebelum teknis dilakuin.

Ini contoh orang yang kenal mastahseo:

3. Gak full support

Perlu juga dipahami, bahwa ketika saya membuat kelas gratis yang skalanya besar, maka saya gak akan mungkin sanggup memberikan support ke semua orang. Beda sama kelas-kelas sebelumnya yang cuma segelintir orang setiap batch-nya, saya jelas bisa kasih support secara personal.

Saya punya kesibukkan, apalagi sekarang saya punya anak yang lagi lucu-lucunya.

Intinya, silahkan download gratis modulnya di grup, bebas tanya di grup, tapi dilarang PM saya.

PM = KONSULTASI (baca selengkapnya di bawah).

4. Berbayar

Pada dasarnya, modul semuanya sifatnya gratis. Bingung? mau tanya-tanya? Di grup langsung juga gratis!

Tapi kalau kamu mau private ke saya, bisa ngobrol, bisa konsultasi ke saya. Maka itu membuat saya setidaknya harus meluangkan waktu berharga saya buat kamu.

Jadi, kalau kamu pingin dapat support personal dari saya, maka harus ada hal yang membuat saya ikhlas meluangkan waktu, tenaga dan pikiran saya untuk membantu kamu. Harus ada win-win solutions bahasa gaulnya.

Berapa biayanya?

Murah aja, Rp 5 juta untuk support selama 1 bulan.

Selama 1 bulan tersebut, saya akan ngasih kamu beberapa poin.

  • Ini tuh sebaiknya begini
  • Ini tuh sebaiknya begitu
  • Dan sebagainya

Jadi selama 1 bulan, silahkan siapkan waktu dan tenaga kamu buat praktek, karena percuma kamu ikutan program ini kalau gak praktek.

Anyway, ketika kamu memutuskan untuk ikut program berbayar. Kamu juga harus menyiapkan modal tersendiri (minimal Rp 15 juta), misalnya saja untuk keperluan membangun PBN. Meskipun dilain sisi, saya juga akan mengusahakan program patungan PBN jika memang sekiranya ada peserta lain untuk mengurangi beban budget tersebut, tapi ini bukan satu hal yang akan digaransikan ada.

PS: Program berbayar ini sangat tidak saya rekomendasikan buat yang masih pemula. Mending baca lagi di bawah, ada opsi lain.

5. Magang

Ya, ini pilihan lain yang justru saya sangat rekomendasikan buat setiap orang yang pingin belajar langsung ke saya.

Kenapa saya sangat rekomendasikan?

Karena bisa belajar langsung, baik secara teknis maupun non teknis. Jadi kamu bener-bener bisa melihat dengan mata dan kepalamu sendiri apa sih yang musti dilakuin. Dari mulai create ideas, planning sampe proses eksekusinya seperti apa.

Saya juga pingin lebih kenal secara personal dengan orang yang saya ajarin, karena bisa tatap muka, ngobrol dan sebagainya. Nambah paseduluran kata orang Jawa.

Program magang ini akan berjalan setidaknya 3 bulan, dan peserta magang gak digaji yak. Cuma kalau urusan makan dan tidur, akan dipersiapkan. Jadi gak usah pusing mikir makan apa dan tidur dimana nantinya.

Tapi jujur aja, saya belum ada pandangan soal lokasinya dimana, apalagi ini masih pandemi, mau kemana-mana ribet, apalagi kalau temen-temen nanti dari luar kota. Jadi untuk saat ini, program yang ini akan saya hold, doakan aja semoga bisa segera terealisasi. Target saya kalau bisa awal tahun 2021 udah bisa launching.

Mau ikut mastahseo classroom?

Kamu bisa join kelas ini gratis, download modul pembelajaran gratis, dan diskusi di grup Telegram-nya gratis.

Tapi kalau kamu mau secara private belajar ke saya, maka ada 2 cara yang bisa kamu tempuh. Pertama bayar, kedua magang.

Well, meskipun saya membuka kelas ini untuk public, tapi saya akan tetep ada filter, karena sifat dari kelas ini pada dasarnya komunitas.

Kalau kamu mau ikutan, cukup kasih tahu saya, apa yang membuat kamu kepingin banget join kelas ini? Dan kenapa menurut kamu, mastahseo ini wadah yang cocok buat kamu.

Saya gak terima jawaban “PENGEN BELAJAR SEO” ya, semua orang ya pengen! Jawaban klise itu.

Kirim jawaban kamu ke itsairul@gmail.com dengan subject “Mastah SEO Classroom”.

PS: SAYA CUMA AKAN TANGGEPIN EMAIL DARI PESERTA YANG LOLOS KUALIFIKASI