fbpx
kelas seo

Sebelum lanjut membaca, harap dipahami bahwa hampir semua materi (komunitas) MastahSEO itu ada di blog ini dan di blog pribadi saya airul.blog. Dan semuanya bisa dibaca secara GRATIS!

Jadi sebenarnya tinggal Anda mau membaca dan praktek apa enggak. Temen-temen di mastahseo itu posisinya hanya sebagai tukang kompor biar semangat dan mungkin, biar mau praktek materi yang ada di blog ini.

Banyak orang yang bertanya mengenai bagaimana cara bergabung ke Mastah SEO?

Melalui laman ini, kami akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan umum yang sering ditanyakan.

Apa mastahseo kelas berbayar?

Totally free. Bahkan kalau gak ada modal, kami akan usahakan kasih modal dan kerjaan. Cuma kalau kerjaan sih kami gak janji, kalau emang ada kebutuhan dan kamu punya skill yang kami butuhkan, bisa diusahakan.

Apa bisa online?

Enggak. Kami bergerak di offline. Lebih suka ngumpul offline. Kami memang ada grup Telegram, tapi dasarnya disana cuma buat insight dasar aja. Bukan ngajarin dari A-Z.

Bahkan grup tersebut lebih sering buat becandaan atau ngumpulin pasukan buat mabar (game online).

Kenapa musti offline?

Karena kami memiliki misi untuk membangun sebuah komunitas yang positif, kreatif dan inovatif. Dengan methode offline kami lebih bisa memantau perkembangan setiap orang secara mudah.

Karena misi kami diatas pula, kami sangat membenci orang-orang yang malas-malasan dalam praktek. Dan umumnya itu terjadi jika proses belajar dilakukan secara online, karena tidak mudah mengawasi proses belajar secara online.

Selain itu, dengan proses belajar offline, setiap member juga bisa termotivasi untuk enggak malas-malasan. Malu kalau liat yang lain semangat tapi dia males-malesan sendiri.

Siapa aja yg bisa join?

Pada dasarnya terbuka buat umum, tapi kami punya kualifikasi tertentu yg gak bisa dijelasin.

Intinya kalau kami merasa bahwa kamu satu frekuensi sama kami, berarti ada kemungkinan buat bisa join.

Makanya perlu buat ketemu, ngobrol dan saling kenal dulu satu sama lain. Kadang cukup 1 pertemuan, kadang juga bisa sampai beberapa kali pertemuan.

Jadi gak ada garansi kalau ketemu salah satu diantara kami, udah pasti bisa masuk. Lha wong temennya orang dalem aja belum tentu kami izinin masuk kok.

Lokasi member mastahseo dimana aja?

Ada di Magetan, Madiun, Kediri, Malang, Jombang, Jogja, Semarang, Purwokerto, Banjarnegara, Jakarta, Tangerang, Bogor, Depok dan beberapa kota lainnya. Total terdapat 39 member yang tersebar di kota-kita yang disebutkan diatas.

Untuk belajar proses belajar offline, bisa main ke rumah ke salah satu member, tapi untuk proses menentukan bisa atau enggak join. Cuma saya (Airul), Pramudya Ksatria Budiman (Satruk) dan orang-orang yg statusnya senior di komunitas ini yang bisa menentukan apakah seseorang dianggap layak masuk ke komunitas ini.

Wah, gak ada yang deket dengan saya nih.

Berarti kamu gak cocok masuk mastahseo. FYI aja, ada anak yang sampai rela naik bus 16 jam dari Jombang ke Purwokerto cuma buat bisa belajar langsung.

Cara gabungnya gimana?

Untuk pertanyaan ini kami gak bisa jawab.

Kami ini komunitas gak jelas. Daftarnya musti ketemu sama salah satu diantara kami, tapi kami kalau diajakin ketemu (sama orang yang belum dikenal) susahnya minta ampun.

Paling gampang sih:

  1. Ngekor orang dalem. Dengan begitu, pelan-pelan kami akan mengenal dan memberi penilaian apakah layak masuk komunitas ini.
  2. Dateng ke acara yg kami buat, misal kaya Kenduri SEO di Jogja. Acara seperti ini lebih membuat kami gampang ditemui.

Pada intinya sesama member mastahseo itu udah kaya saudara, jadi kalau kami merasa kamu adalah orang yang cocok menjadi bagian dari keluarga kami, maka InsyaAllah akan mudah jalannya.

Jadi, ya selow aja, karena makin ngebet, makin tinggi peluang kami tolaknya. Karena kami benci dengan ekspektasi berlebihan.

Sekian, bisa berkomentar di bawah ini jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan.