Airul Khoirul Anwar atau lebih dikenal sebagai Airul adalah seorang pemasar digital yang memiliki minat utama pada Search Engine Optimization (SEO). Keperluan bisnis? bisa hubungi airul@mastahseo.com.

Ikuti saya di:        

Jasa SEO

jasa seo

Di era yang serba digital, dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat untuk memperkenalkan sebuah bisnis ke masyarakat, dan salah satunya menggunakan SEO (Search Engine Optimization). Sayangnya, melakukan SEO untuk sebuah website bukanlah perkara yang mudah, diperlukan keahlian khusus untuk menaklukkan algoritma mesin pencari. Untuk itu, jasa SEO sangat diperlukan.

Sejujurnya, hampir setiap hari saya dan tim mastahseo.com mendapatkan email permintaan jasa SEO, sayangnya sampai hari ini kami harus menolak permintaan-permintaan tersebut (saat ini kami hanya mau menerima jasa SEO untuk corporate saja, untuk SEO UMKM kami hanya bisa menyediakan jasa backlink saja).

Ada banyak alasan yang melatarbelakangi hal tersebut, antara lain:

  1. Pasar Indonesia belum siap 100% menerima SEO
  2. Rata-rata dari kami memiliki project yg seringkali berbenturan dengan keyword calon client
  3. Tawarannya situs casino. Yang ini pfffffttt, kita nyari duit yang halal aja bos. Jangan email-email kita lagi yak.

Sebelum saya membahas lebih jauh perihal tips memilih jasa SEO yang baik, saya akan terlebih dahulu memberikan gambaran terkait pernyataan saya yang mengatakan bahwa pasar Indonesia belum begitu siap dengan SEO. Pasar yang saya sebut diatas yakni pasar UMKM.

Hal yang perlu diketahui oleh para UMKM adalah SEO itu mahal. Titik, tanpa koma. Modal yang dikeluarkan untuk mencapai halaman pertama mesin pencari tidaklah sedikit. Secara keseluruhan, kami biasanya menghabiskan 20-30jt untuk setiap project, baik client maupun project pribadi.

Nilai diatas hanya gambaran kasar saja, saya bahkan pernah berbincang dengan salah satu SEO Manager di salah satu agency SEO ternama di Indonesia. Agency SEO tersebut rata-rata menetapkan harga di angka 30 Juta / bulan untuk kontrak 6 bulan, artinya dibutuhkan uang sekitar 180 juta untuk (seingat saya) 20 kata kunci.

Pertanyaannya, uang segitu banyak digunakan untuk apa?

1. Link building

Jika menganut SEO era sekarang, rata-rata pemain SEO mengandalkan backlink PBN dan guest post. Berbicara mengenai PBN, 1 PBN bisa menghabiskan dana sekitar 500-1 juta rupiah / domain, sementara untuk guest post di blogger-blogger, biasanya sekitar 150-200rb / guest post di blogger-blogger.

Anggaplah kita membutuhkan 20 PBN dengan rata-rata harga 1 juta, artinya kita butuh sekitar 20 juta. Belum lagi jika masih butuh sokongan guest post, tinggal dihitung saja nanti berapa kisaran biayanya.

2. Penulisan artikel

Untuk blog PBN dan blog para blogger, penyedia jasa SEO jelas membutuhkan artikel atau konten, untuk itu peran jasa penulis artikel sangat dibutuhkan disini. Anggaplah rata-rata penulis untuk 1 artikelnya meminta harga 15 ribu, tinggal nanti dikali sekian aja sesuai kebutuhan.

3. Tools SEO

Silahkan cek terlebih dahulu harga tools SEO seperti misalnya ahrefs, moz, semrush, dan sebagainya.

Nilai 20-30jt itu hanya untuk budgeting, belum fee dari waktu, tenaga dan pikiran yang kami habiskan untuk pengerjaan.

Nah, pertanyaan yang sering diajukan oleh para pengunjung adalah rekomendasi jasa SEO, dan saya jujur tidak pernah mau memberikan rekomendasi. Alasannya sederhana, nanti kaget sama harganya, karena inner circle saya terbiasa dengan SEO untuk corporate saja. Mangkanya, saya mau kasih gambaran dulu atas pertanyaan kenapa sih jasa SEO mahal?

Sejujurnya, ada banyak penyedia jasa SEO yang terjangkau oleh UMKM, tapi sekali lagi saya tidak akan merekomendasikan siapapun. Disini saya akan memberikan gambaran mengenai kriteria penyedia jasa SEO yang cukup layak digunakan.

1. Sumber backlink

Backlink adalah salah satu poin penting dalam SEO, dan semakin bagus sumber backlink, maka jelas itu akan mahal, untuk itu jasa SEO seringkali mahal. Jangan sampai kita mendapatkan backlink dari web-web sampah yang membuat sebuah website hanya naik sesaat kemudian lenyap.

2. Audit

Seorang penyedia jasa SEO itu seperti seorang dokter. Saya sering melihat proposal-proposal SEO dari temen-temen, rata-rata mereka akan mengirimkan hasil analisa-analisa terlebih dahulu ke calon client, biasanya meliputi teknis onpage SEO yang harus dibenahi. Analisa tersebut yang nantinya akan menjadi acuan dari sisi harga atau bisa dibenahi oleh client terlebih dahulu agar tidak membuat biaya yang dibebankan makin membengkak.

3. Strategi

Ini juga penting, seawam apaun Anda, mulailah pelajari beberapa hal kecil soal SEO. Misalnya dari artikel ini Anda sudah mengenal PBN, kemudian calon penyedia layanan jasa SEO yang akan Anda gunakan mengatakan bahwa iya menggunakan PBN. Disini Anda perlu benar-benar memastikan strategi yang ia gunakan, apakah nanti artikel yang digunakan untuk PBN hanya hasil copy pasterewrite, hasil spinner, atau benar-benar artikel berkualitas.

Sekali lagi, backlink adalah salah satu kunci kesuksesan SEO, backlink baik tanpa strategi yang baik juga akan berbaha bagi web kita di masa depan.

4. Reporting

Pastikan bahwa Anda menerima reporting yang jelas dari setiap pengerjaan kampanye SEO Anda, biasanya reporting meliputi kenaikan ranking, hingga dimana backlink untuk web Anda dipasang.

jasa penulis artikel

Saran terakhir saya bagi pemain UMKM dalam memilih layanan SEO adalah meminta rekomendasi dari orang yang lebih paham soal SEO atau ke kerabat yang sebelumnya sudah pernah menggunakan layanan SEO.


Kontes SEO

Airul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Jasa Backlink PBN Berkualitas? Klik Disini!