Keyword Mapping

Keyword Mapping, saya mencoba mengetikkan kata ini di Google, namun sama sekali belum ada website/blog Indonesia yang mengupasnya dengan tuntas (termasuk ketika saya mengetikkan kata kunci pemetaan kata kunci). Padahal keyword mapping atau pemetaan kata kunci adalah hal yang mampu memberikan efek yang signifikan dalam hal SEO.

Sekarang pertanyaannya adalah apa sih Keyword Mapping? dan apa fungsinya?

Secara sederhana Keyword Mapping merupakan sebuah strategi yang mengutamakan relevansi, hal ini penting untuk dilakukan terutama untuk website atau blog dengan banyak halaman yang memiliki kesamaan target kata kunci. Keyword mapping sangat penting mengingat di era sekarang, algoritma Google hanya memilih satu halaman terbaik dari sebuah website atau blog.

Masih belum ngerti juga maksud saya?

Jika memang belum ngerti maksud saya, silahkan ketik kata kunci Jokowi di Google. Hasilnya kurang lebih seperti berikut ini.

Masih belum paham juga?

Singkatnya, di liputan6.com tentu ada ratusan atau mungkin ribuan artikel tentang “Jokowi”, namun Google hanya merankingkan 1 halaman yakni liputan6.com/tag/jokowi/.

Pemetaan kata kunci sangat penting dilakukan untuk website seperti liputan6.com ini, jika hal ini tidak dilakukan dengan baik bisa saja Google malah merankingkan halaman lain semisal artikel pada tahun 2014 yang mana jelas sudah tidak relevan dengan informasi yang dicari orang-orang saat ini.

Selain situs berita, keyword mapping umumnya juga dilakukan oleh para pelaku SEO di ecommerce, sebagai contoh silahkan coba ketik Jual Sepatu Kulit.

Dalam kasus ini, kita bisa melihat bahwa ecommerce diatas melakukan keyword mapping secara sempurna. Halaman yang ada di halaman pertama Google dari setiap ecommerce diatas merupakan halaman landing page, bukan langsung ke salah satu halaman produk. Hal ini dikarenakan ecommerce memiliki begitu banyak halaman dengan kata kunci jual sepatu kulit, dan tujuan merankingkan landing page adalah untuk membiarkan pengunjung memilih sepatu kulit sesuai pilihan mereka sendiri. Persis dengan yang dilakukan oleh liputan6.com, membiarkan pengunjung memilih berita yang ingin mereka baca.

Lantas bagaimana melakukan keyword mapping yang baik?

1. Link Building

Lakukan link building ke landing page, bukan ke salah satu artikel atau produk. Hal ini di maksudkan agar Google tahu bahwa halaman tersebut adalah halaman yang paling revelan dari sekian banyak halaman yang memiliki target keyword yang sama.

2. Internal Link

Lakukan internal linking dengan baik. Seperti contoh jika ada sebuah artikel baru yang mengincar keyword “Jokowi”, arahkan internal link ke halaman utama (dalam kasus ini liputan6.com/tag/jokowi/).

3. Onpage-SEO

Kita tahu bahwa di halaman seperti tag atau categori akan sangat sulit melakukan onpage-SEO secara sempurna. Hal yang bisa kita lakukan adalah dengan mengatur judul, meta description, dan sedikit deskripsi pada halaman target seperti yang dilakukan oleh tokopedia.com.

Terakhir…

Silahkan di eksplor dan di analisa lagi.

PS: Silahkan berkomentar sesuai topik dan mohon untuk berkomentar menggunakan nama. Komentar yang tidak sesuai topik dan menggunakan anchor text tidak akan di approve.

27 Comments

  1. Ahmad Manarul Hakim Reply

    Jadi misalkan kita punya banyak postingan yang saling berkaitan di salah satu “label”, maka sebaiknya kita mengarahkan internet link dan backlink ke halaman “label” tersebut mas?

    Karena didalamnya berisi postingan-postingan “sejenis”

    Terimakasih sharingnya mas airul

  2. Salam,

    Bener2 term baru nih mas airul, baru denger jg keyword mapping..

    Nah, pertanyaan saya..

    kalo misal kita punya landing page (page bukan post) let say.. nembak keyword “kucing angora” .. isinya tentu kita jualan kucing angora di page ini..

    trus kita punya beberapa post artikel yg terkait “kucing angora” misal cara memelihara kucing angora, makanan paling cocok untuk kucing angora..

    Nah untuk keyword mapping saran mas airul, gimana aplikasinya? Apakah kita tembak ke halaman tags? Atau ke landing page (page) tadi…

    Terima kasih..

  3. Baru tau istilah keyword mapping, tapi ini bermanfaat juga mas, buat groupin beberapa list keyword yg mau di optimasi.

    Tapi bener banget ini mas, klo setahu saya ecomerce bukan ngelink langsung ke produk falam cari backlinknya, tp lbh ke kategory produk, krna yang dioptimasi utama justru category nya… klo bagian detail produk lebih dioptimasi secara onpage saja, jd buat template halaman produk yg seo friednly, dari meta title dan deskripsi yg mengandung buying keyword kaya lazada atau tokped yang setting otomatis meta titlenya pakai kata “jual” di depannya

    Btw klo keyword mapping ini hampir sama nggak mas sepertu dulu fitur linkwhell dari google?

  4. Intinya optimasi tag y mas, ketika page tag “liputan6.com/tag/jokowi/ sdh teranking di pageone, mk pembaca bs memilih berita mana yg mereka cari.

    Pertanyaanya? Bukankah tag direkomendasikan untuk tdk diindex..?

    Kalaupun hrs diindex, bagaimana cara agar meta descriotionnya tdk terjadi duplicate?

    Kalau ada waktu, mohon dibuatkan post khusus yg membahasa tentang “apakah perlu mengindeks tag n kategori? Serta cara optimasinya biar tdk terdapat duplicate meta description di SERP?

    Thanks

  5. Mending optimasi ke tag atau ke kategori. Karna keduanya sma2 ngelompokin keyword yg sama

  6. Kalau ane cek web ane di google dgn kw guru elektronik ternyata sitmapnya rata2 tag yg muncul mas? Apa itu efek keyword mapping ? Padahal ane gak tau menau ttg keywod mapping ini..

  7. “Saat ini google merangking halaman terbaik pada satu website”… apa yg harus dilakukan mas (selain redirect), kalo trnyata google me rangking hlmn yg tidak kita inginkan, padahal sudah ada internal link ke halman yg di target

    Thanks mas Airul

    • Custom canonical bisa jadi salah satu solusi juga, atau gunakan internal link dengan anchor text sesuai target.

  8. Nancy Fini Reply

    Mau nanya, di WP bisa gak untuk membuat tag tapi urlnya tidak menyertakan ….. com/tag/…. ?

    Begitu pula untuk kategori bisa juga gak?

    • Airul Reply

      Bisa, silahkan search “Remove category & tag base from WordPress url”

Leave A Reply

Navigate