Kontes SEO

Kontes SEO

Kontes SEO menjadi salah satu pilihan yang cukup tepat dalam hal link building, hal ini karena backlink yang di dapat dari para peserta kontes SEO terbilang cukup berkualitas. Tapi apakah dengan menyelenggarakan sebuah kontes SEO akan selalu membawa website kita merangsek naik ke halaman pertama Google? Jawabannya bergantung pada aturan yang kita buat kita sedang menyelenggarakan kontes SEO tersebut.

Secara pribadi, saya sudah beberapa kali mengadakan kontes SEO. Setidaknya ada dua project pribadi saya dan beberapa client yang meminta bantuan saya sebagai panitia. Saya bisa bilang bahwa hampir secara keseluruhan on target, meskipun harus saya akui bahwa ada keselahan-kesalahan yang pada akhirnya membuat saya belajar, hingga pada akhirnya saya menemukan sebuah pakem yang jelas.

Kontes SEO itu seperti pisau dengan dua mata yang sama-sama tajam. Jika kita menyelenggarakannya dengan cara yang benar, maka akan jadi salah satu strategi yang ambuh dalam merankingkan sebuah website. Tapi jika ada sebuah kesalahan, maka akan berujung hal-hal negatif yang merusak pamor website tersebut di mata Google.

Lantas, pakem versi saya seperti apa?

1. Dofollow links

Buatlah aturan yang menyebutkan bahwa link peserta harus dofollow, karena sebagai pemain SEO para peserta SEO seringkali memberikan nofollow link ke website penyelenggara. Tanpa menyebutkan link must dofollow kita tidak akan bisa menyalahkan atau mendiskualifikasi peserta jika peserta memberikan nofollow link.

2. Anchor Text

Buatlah beberapa varian anchor text, setidaknya agar kita bisa merangkinkan beberapa keyword. Untuk variasi anchor text biar kelihatan natural, saya rasa tidaklah penting. Kita bisa lihat website-website yang di konteskan, mereka menggunakan 1 varian anchor text dan aman-aman saja.

3. Artikel peserta harus unik (baik blog utama maupun sumber backlink)

Ini adalah kesalahan yang saya maksud, ketika periode awal saya mengadakan sebuah kontes, saya sudah memberikan label artikel harus unik. Namun sayangnya, peserta nampaknya masih kurang bijak menanggapi aturan tersebut, karena sumber backlink (PBN) yang mengara ke website mereka adalah 100% copas dari website yang saya konteskan.

Ini sekaligus sebagai bentuk kritik dan saran saya kepada para peserta kontes, please be a wise. Kami (penyelenggara) tentu punya maksud dan tujuan kenapa menyelenggarakan sebuah kontes. Dan jangan malah merusak kontes tersebut dengan teknik ‘curang’ demi sebuah kemenangan.

3 hal diatas adalah hal yang berbau teknis, tapi ada satu hal lagi yang sangat penting yaitu penyebaran informasi ke para peserta agar mereka tau bahwa kita sedang menyelenggarakan sebuah kontes.

1. Ads

Iklan adalah media yang cukup tepat, ada pilihan antara Adwords dan FB Ads. Namun sejujurnya saya cenderung memilih Adwords untuk mengiklankan kontes yang sedang berjalan. Selain untuk media penyebaran informasi, dengan beriklan kontes SEO kita akan lebih mudah di percaya calon peserta sebagai kontes SEO yang valid. Saya pernah punya pengalaman kontes SEO yang saya selenggarakan tidak melakukan penipuan karena saya ngiklan di Adwords. Logikanya, penyelenggara bisa bayar iklan Adwords, tentu nantinya akan benar-benar membayar pemenang.

2. Sosial media

Ini adalah cara yang bisa dibilang gratis. Kita bisa menyebarkan informasi kontes SEO melalui sosial media seperti Twitter dengan cara mention beberapa akun twitter yang berhubungan dengan kontes. Rata-rata dari akun tersebut selain me-retweet tweet kita, dia juga akan mempublish di website mereka. Dan tentunya gratis.

3. Email

Kita bisa mengumpulkan data website/blog yang terbiasa mengikuti sebuah kontes SEO, kemudian menghubungi mereka via email untuk menginformasikan kepada dia bahwa kita sedang menyelenggarakan sebuah kontes. Ini metode yang melelahkan dan jujur saya tidak menjalankannya.

4. Banner (dengan link yang mengarah ke halaman kontes)

Mintalah peserta untuk memasang banner kontes SEO kita di sidebar atau footer, selain di maksudkan untuk direct marketing, hal ini juga dimaksudkan untuk merangkinkan halaman kontes SEO kita ke halaman pertama Google.

Nah, bagi Anda yang mungkin tidak ingin terlalu direpotkan dengan hal-hal diatas dan membutuhkan jasa penyelenggara kontes SEO, Anda dapat mengubungi kami melalui airul@mastahseo.com.


Khoirul Anwar atau lebih dikenal sebagai Airul. Praktisi Digital Marketing yang memiliki minat utama pada Search Engine Optimization (SEO).

3 thoughts on “Kontes SEO

Leave a Comment