Recycle Old Posts

Recycle Old Posts

Dalam beberapa kesempatan (salah satunya pada artikel Belajar SEO), saya sering menyebutkan bahwa cukup penting bagi pemain SEO untuk mengetahui (setidaknya) dasar-dasar pemrograman. Hal ini dimaksudkan agar kita bisa melakukan beberapa eksperimen kecil, salah satunya dengan menciptakan plugin semacam ini.

Well, kita tahu bahwa blog dengan fresh content sangat disukai Google, salah satunya karena bot Google akan lebih sering berkunjung ke halaman website/blog kita. Namun sudah barang tentu kadang-kadang kita tidak bisa melakukan update secara rutin, entah karena kehabisan topik atau karena memang kebentur dengan hal-hal lain.

Plugin ini awalnya hanya berbentuk sebuah script function yang saya tanam di theme, saya selalu menggunakan script ini untuk keperluan optimasi blog, salah satunya blog 8K/Hari dalam 1 bulan. Namun karena terlalu ribet jika saya share dalam bentuk script, saya packaging script tersebut ke dalam sebuah plugin.

Lantas, apa sih fungsi dari plugin ini?

Jika kalian pengguna plugin STT2 (SEO Search Terms Tagging 2), kalian tentu familiar dengan fitur Promote old post with no search engine traffic, nah fitur plugin ini bisa di bilang serupa tapi tak sama. Jika plugin STT2 hanya fokus pada artikel yang belum mendapatkan trafik dari search engine, plugin ini melakukan republish untuk semua artikel tanpa terkecuali.

Saya akan coba jelaskan beberapa pengaturan diatas.

1. Time interval

Time interval ini adalah jarak antara post pertama dan post yang akan di recycle selanjutnya. Dalam contoh diatas, saya isi 24 yang artinya saya ingin melakukan republish post setiap 24 jam.

2. Min. posts age

Pengaturan ini berfungsi untuk mengatur umur minimal sebuah artikel agar bisa masuk kriteria artikel yang bisa di republish. Pada contoh diatas, saya isi 30 yang artinya republish bisa berlaku untuk artikel yang telah berumur lebih dari 30 hari.

Nah dengan 2 pengaturan tersebut, akhirnya artikel tips mencari expired domain yang merupakan artikel pertama di Mastah SEO, saat ini menjadi artikel pertama (sebelum artikel ini di publish).

Buat kalian yang tertarik mencoba plugin ini silahkan download secara GRATIS disini. Bagi yang menemukan bug atau error, bisa kirimkan email ke airul@mastahseo.com.

.Sekian…

* plugin ini tidak bekerja dengan pada WordPress dengan struktur permalink yang mengandung tanggal dan tahun karena otomatis akan merubah tanggal pada url.


Khoirul Anwar atau lebih dikenal sebagai Airul. Praktisi Digital Marketing yang memiliki minat utama pada Search Engine Optimization (SEO).

16 thoughts on “Recycle Old Posts

  1. Terima kasih banyak sharenya Mas Airul
    Mau tanya, sampai berapa kali kita republish artikel yang sama?
    Misal kita sudah pernah republish di kemudian hari apa bisa/aman direpublish lagi?

    Terima kasih.

Leave a Comment