fbpx
Airul Seorang Internet Marketer yang lahir, tumbuh dan besar di Magetan, Jawa Timur. Keperluan bisnis? bisa hubungi airulaltarf@gmail.com.

https://airul.blog


Ikuti saya di:        

SEO 2020

Ngobrolin SEO memang gak akan ada habisnya, terlebih ketika menginjak akhir tahun seperti sekarang. Banyak sekali pertanyaan datang ke saya terkait pandangan saya perihal SEO di tahun 2020.

Hmmmm…

Saya pribadi sejak awal mengenal SEO (tahun 2011) merasa SEO itu ya gitu-gitu aja. Gak ada sesuatu yang “wah” banget dalam hal algoritma, bahkan sekalipun ada update besar. Coba saja amati situs-situs besar, mereka akan tetap ada di posisi yang sama, karena memang set-up awal mereka berdasarkan Fundamental yang tepat.

Lho, bukannya tiap tahun selalu ada update dan update mas?

Update kan ya gitu-gitu aja kok, gak jauh-jauh dari membasmi situs spam kan. Update selalu kaitannya kalau gak dari sisi onpage, ya offpage. Core-nya onpage ya akan tetep sama, ngasih konten terbaik untuk user. Begitu pula dengan off-page, akan tetep sama, Google pingin sebuah website dapet link berkualitas.

Praktis gak ada yang berubah, gak lebih sulit. Kecuali kamu tipe spammer, ya mohon maaf nih, mulai dari 2019 hingga seterusnya kamu akan makin kesulitan nyari celah. Karena teknologi Google juga udah mulai berkembang dengan sistem kecerdasan buatan, yang mana bisa makin pinter dengan sendiri seiring dengan bertambahnya pengalaman dia.

Tapi apa gak ada tips sama sekali dari mas Airul nih buat tahun 2020?

Ada tapi gak banyak, karena udah ada juga artikel soal SEO 2019 yang masih relevan juga.

Tips SEO untuk Tahun 2020

1. Gunain Schema Markup

Google mulai serius banget sama satu ini. Schema markup bisa dibilang salah satu sinyal untuk Google, “oh, ini situs bagus nih”.

Perkembangan ini sendiri juga mulai terlihat dari beberapa update plugin. Di Yoast maupun di All in One SEO, mereka mulai dikasih fitur schema artikel di halaman artikel dan schema person di halaman author.

Saya dari dulu udah pakai ini, termasuk di mastahseo.com ini udah makai, tapi masih custom. Sekarang gak perlu ribet-ribet lagi custom, karena plugin juga udah nyediain.

Yang paling menarik menurut saya tentu di schema person ini, karena Google emang mulai sensi sama website dengan author yang gak jelas. Apalagi di niche-niche yang termasuk Y-M-Y-L, lebih sensi lagi si Google.

Coba ketikkan nama kamu di Google, atau coba ketik “Airul” aja deh kalau gak mau ribet. Via mobile ya.


Google udah mulai menampilkan profile seseorang di halaman pencarian. Dan hal ini salah satunya bisa dilakuin dengan cara menggunakan schema person di halaman author.

Dengan author yang jelas, website atau blog yang kita kelola akan semaki terlihat legit di mata Google. Apalagi dengan dukungan schema article dan schema person.

2. Bangun Interaksi

Ya, interaksi dengan pengunjung di sebuah website atau blog bisa ningkatin ranking dengan cepat, saya ambil contoh artikel-artikel di mastahseo. Blog ini akan cenderung memiliki kecenderungan naik cepet kalau banyak interaksi di kolom komentar.

Atau misalnya keyword “Blueprint SEO” yang saya tulis di blog pribadi saya, itu sekarang bertengger di urutan pertama. Backlink coba liat aja, cuma dapet dari mastahseo.com ini aja.

Cepet banget naiknya karena banyak sekali interaksi di komentar.

BTW, interaksi gak harus di komentar aja, tapi bisa banyak hal.

3. Prioritaskan Pengunjung Mobile

Udah saya bahas juga soal mobile SEO, sekarang Google punya algoritma namanya mobile first. Jadi index mobile lebih diutamakan.

Cara memprioritaskan pengunjung mobile gimana?

Ya bangung situs yang mobile friendly, nyaman dibaca di mobile, pemilihan theme-nya tepat, pemilihan warna gak bikin pedes dibaca, dsb.

4. Tingkatkan CTR

Ada banyak cara yang bisa dipakai untuk menaikkan CTR, mulai dari penulisan judul yang menarik, deskripsi yang ada call to action-nya, dan banyak hal lain.

Saya pribadi sengaja mempublish tulisan “blueprint SEO” di blog pribadi saya sebagai bahan referensi. Blog baru, fresh.

Mari kita lihat betapa eye catching-nya tampilan artikel tersebut di serp. Ada thumbnail dan ada sitelink di bawahnya juga. Rapi.

Dengan tampilan yang menarik tersebut, tentu menarik orang untuk klik dan mengunjungi blog saya.

5. Konten Manajemen yang Baik

Nulis artikel berkualitas aja gak cukup. Nulis artikel yang SEO doang apalagi. User butuh artikel yang disajikan dengan baik.

Gambaran utamanya di artikel “blueprint seo” juga, saya bener-bener menata dengan sedemikian rupa, table of content rapi, dan silakan diamati sendiri.

jasa penulis artikel

Udah segitu aja dari saya, sampai jumpa di sengitnya persaingan SEO di tahun 2020.


16 komentar untuk SEO 2020

  1. Ada kendala mas airul… ketika fitur komentar diaktifkan… ada oknum visitor malakukan sepamming komentar untuk boom komentar atau pun sekedar sisip backlink.. bagaimana ya mas cara nya tangani masalah tsb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *